Rabu, 28 Desember 2011

film james bond

seputar film james bond


James Bond adalah film layar lebar yang tergolong film action. Dalam sejarah perfilman dunia, film ini merupakan salah satu film yang banyak digemari oleh masyarakat. Terbukti dengan dibuatnya film ini hingga beberapa episode.

Pada awalnya, James Bond adalah sebuah kisah novel fiksi yang ditulis oleh Ian Flemming. Novel ini pertama kali ditulis pada tahun 1952. Latar belakang dari cerita fiksi ini adalah kisah seorang intelijen dari dinas rahasia Inggris. Kode sang intelijen adalah 007, yang kerap diterjukan untuk tugas-tugas negara yang sangat rahasia dan berbahaya.


Film James Bond sendiri pertama kali diproduksi pada tahun 1962. Serial James Bond dalam versi film yang pertama berjudul Dr. No. Dan hingga kini, sekuel film James Bond sudah mencapai angka 22 judul yang ditayangkan di layar lebar. Dan semua film tersebut selalu saja menjadi film terlaris di semua negara yang memutarkannya.

Hal ini disebabkan kisah yang ditayangkan dalam film James Bond bukan sekedar kisah action yang hanya mengumbar adegan tembak menembak atau perkelahian antara sang jagoan dan penjahat. Namun di dalam film ini juga muncul berbagai konflik yang penyelesaiannya cukup mengejutkan.

Selain itu, kisah percintaan antara James Bond dengan beberapa wanita, menjadi sebuah intrik wajib yang harus ada di setiap episode. Inilah mengapa, kisah James Bond dianggap berbeda dengan film detektif lainnya yang hanya sekedar menonjolkan unsur ketegangan dan kekerasan sepanjang jalan ceritanya.


Seputar Film James Bond

Dalam sejarah film James Bond, tercatat ada enam nama yang pernah didaulat menjadi pemeran Komandan Sir James Bond, nama lengkap agen bernama sandi 007. Dari enam nama tersebut, Sean Connery adalah aktor yang dianggap paling pas memerankan tokoh James Bond.

Enam film yang diperankan oleh Sean Connery adalah Dr No yang diproduksi pada tahun 1962, From Russia With Love (1963) Goldfinger (1964), Thunderball (1965), You Only Twice (1967) dan Diamonds Are Forever (1971). Tahun 1969, pemeran James Bond sempat digantikan oleh George Lazeby dalam film On her Majesty’s Secret Service.

Pasca era Connerry, Roger Moore mengambil alih peran James Bond mulai tahun 1973 hingga 1985. Film yang dibintangi Moore di antaranya Live and Let Die, The Man With Golden Gun, The Spy Who Loved Me, Moonraker, For Your Eyes Only, Octopussy dan A View to Kill. Timothy Dalton melanjutkan Moore dalam film The Living Daylight (1987) dan Licence To Kill (1989).

Setelah cukup lama vakum, tahun 1995 sekuel James Bond kembali dirilis. Kali ini Pierce Brosnan dipercaya memerankan agen rahasia tersebut. Ada empat judul film yang diperankannya yaitu Golden Eye (1995), Tomorrow Never Dies (1997), The World is Not Enough (1999) dan Die Another Day (2002). Pemilihan Brosnan sendiri cukup kontroversional. Sebab, banyak orang berpendapat Brosnan tidak cocok memerankan tokoh fenomenal tersebut.

Alasannya adalah bahwa wajah Brosnan terlalu Amerika dan juga dianggap terlalu bersih sebagai seorang agen rahasia. Namun itu tidak menjadikan pecinta film James Bond meninggalkan film tersebut. Terbukti bahwa empat film yang dibintanginya selalu meraih titel sebagai film terlaris di pasaran.

Pasca era Brosnan, Daniel Craig menggantikannya untuk mulai bermain di Casino Royale pada tahun 2006. Film selanjutnya yang dibintangi Craig adalah Quantum Royale yang diproduksi pada tahun 2008. Dan untuk episode ke 23 pun, Craig masih dipercaya untuk menjadi sang James Bond.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar